Kamis, 13 Oktober 2016

Cara Merawat Senar Gitar Agar Tidak Mudah Berkarat

Cara Merawat Senar Gitar Agar Tidak Mudah Berkarat

Setelah sebelumnya posting mengenai cara merawat gitar maka kali ini memang ada kaitannya dengan postingan tersebut yaitu merawat senar gitar. Salah satu bagian dari alat musik gitar yang harus sering dirawat adalah senar gitar. Perawatan pada senar gitar dilakukan untuk menghindari terjadinya karat pada senar yang dapat mengakibatkan suara gitar menjadi kurang bagus. Semakin sering anda memakai gitar, sebaiknya perawatan gitar juga semakin sering. Meskipun senar gitar sudah dilapisi dengan cat agar tidak langsung bersinggungan dengan udara, namun karena pemakaian yang terlalu sering pada akhirnya akan membuat gitar berkarat. Jika anda rajin merawatnya, maka senar gitar tersebut akan lebih awet daripada tidak dirawat. Berikut ini cara tepat agar senar gitar anda tidak mudah berkarat.


 
Cara Merawat Senar Gitar Dari Cara Memakai
Memainkan alat musik gitar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Namun saat anda memainkan gitar anda pastikan tangan anda kering. Jika tangan anda basah akibat keringat maupun air akan menyebabkan senar gitar akan mudah berkarat. Lapisan senar gitar juga akan lebih mudah terkikis jika anda memainkannya dengan kuku yang panjang. Oleh karena itu, potonglah kuku anda saat akan memainkan gitar jika kuku anda panjang.
Cara lain adalah membersihkan senar gitar menggunakan tisu atau kain bersih dan kering setelah memainkanya. Namun jika anda tidak terbiasa membersihkanya setelah bermain gitar, anda bisa membersihkanya seminggu sekali menggunakan string cleaner yang banyak dijual di toko.

Cara Merawat Senar Gitar Dari Cara Menyimpan
Sebaiknya alat musik gitar jangan disimpan di tempat yang lembab dan dingin, misalnya di lantai, disandarkan di dinding dan di dekat cendela. Simpan selalu instrumen ini anda di dalam casenya agar terlindung dari udara. Apabila anda berencana membawa gitar anda ke rumah teman atau berkemah, pastikan anda membawanya dengan case agar tidak terkena udara bebas selama perjalanan. Di bumi perkemahan yang dingin dan berembun akan membuat senar gitar lebih cepat berkarat, oleh karena itu case gitar sangat penting digunakan saat anda berkemah untuk melindungi gitar dari udara dingin dan embun tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar